Tips Diet Sehat: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Diet Lengkap - Dzikri Khasnudin

Tips Diet Sehat: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Diet Lengkap

Tips Diet Sehat - Pengetahuan mengenai diet tentunya sangat penting untuk dipahami oleh setiap orang. Diet dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang , baik dalam hal kesehatan, kebugaran bahkan dalam hal pekerjaan, prestasi akademis dan sebagainya. 

Namun, masyarakat kita seringkali salah mengartikan pengertian diet. Pada umumnya, masyarakat mengartikan diet sebagai usaha untuk mengurangi makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, atau untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Apa yang diketahui masyarakat mengenai diet hanyalah cara untuk menurunkan berat badan. Padahal diet bukan hanya itu, berdasarkan serapan katanya saja pengertian diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan.

Kesalahpahaman ini yang perlu kita luruskan. 
Pada artikel ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu diet dan bagaimana cara melakukan diet yang sehat.

Pengertian Diet

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian diet merupakan aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Sedangkan, dilansir dari Wikipedia Bahasa Indonesia, diet adalah jumlah makanan yang di konsumsi seseorang atau organisme tertentu.

Adapun dalam Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga (2009) yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), diet memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperbolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang di derita, kesehatan atau penurunan berat badan.

Berikut beberapa pengertian diet menurut para ahli.

Menurut Barasi (2007), diet secara umum merupakan prasyarat bagi kesehatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup, atau kesejahteraan, dan pencegahan terhadap penyakit terkait gizi.

Badraningsih Lastariwati (2000) berpendapat bahwa diet adalah pengaturan/pemilihan makanan yang harus dimakan oleh seseorang atau sekelompok orang. Diet sangat erat kaitannya dengan kecukupan gizi atau asupan nutrien, dan pola pengaturanya menganut pada tujuan akhir dari diet itu sendiri.

Berdasarkan pengertian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa diet bukan hanya mengenai cara menurunkan berat badan saja. Tetapi, diet merupakan upaya pengaturan pola makan untuk membatasi atau mencukupi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk tujuan tertentu.

Biasanya orang-orang melakukan diet untuk tujuan berikut.
  1. Menurunkan berat badan, misalnya seorang artis yang ingin menjaga penampilannya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal atau orang yang mengalami obesitas menjalani program diet agar berat badannya menurun.
  2. Meningkatkan berat badan, misalnya olahragawan dan atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa ototnya atau orang yang bertubuh kurus yang menjalani program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti orang-orang normal.
  3. Pantang, misalnya orang-orang yang menderita suatu penyakit dipantang atau dibatasi untuk mengkonsumsi makanan tertentu seperti penderita diabetes yang harus membatasi konsumsi gula/glukosa.
Sampai disini masih dipahami kan mengenai pengertian diet. Jika ada yang kurang dimengerti tanyakan saja di kolom komentar.

Jenis-jenis Diet

Semakin hari, metode diet terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi sehingga cara diet pun berubah menjadi lebih modern. Namun, masih terdapat beberapa diet yang terbilang klasik tetapi masih dijalankan oleh orang-orang.

Saat ini, diet memiliki banyak jenis mulai dari diet rendah kalori, diet rendah protein, diet jantung, diet rendah gula, diet rendah garam, dan lain-lain. 

Penjelasan lebih lengkapnya mari simak uraian berikut.

1. Diet Rendah Kalori Rendah Karbohidrat

Diet rendah kalori dan karbohidrat biasanya digunakan pada program penurunan berat badan dengan cara membatasi atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. 

Bukan berarti orang yang menjalankan diet ini tidak memakan semua jenis karbohidrat, tetapi hanya mengurangi asupannya saja.

Misalnya diet nasi putih yang populer di kalangan banyak orang. Kita tahu bahwa nasi putih merupakan makanan yang tinggi kalori sehingga dapat memicu obesitas dan diabetes. Namun sekali lagi saya katakan bahwa diet nasi putih bukan berarti kita tidak memakan nasi putih sepenuhnya.

Tetapi asupan karbohidratnya diganti oleh makanan karbohidrat lainnya yang mengandung kalori lebih rendah seperti beras merah atau roti gandum. Asupan protein dan lemak tetap diperhatikan, namun tidak terlalu tinggi.

2. Diet Rendah Kalori Tinggi Protein

Bagi yang ingin melakukan diet ini, dia harus benar-benar fit, terutama ginjal dan hati. Jika tidak, organ tubuh akan terbebani dan kondisi tubuh justru melemah. Diet ini banyak mengkonsumsi protein seperti daging dan telur. Tetapi asupan kalori dikurangi sehingga karbohidrat yang digunakan adalah nasi merah, kentang, talas, atau singkong yang mengandung rendah kalori.   

Diet ini membatasi asupan kalori sehingga energi yang didapatkan tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu, diperlukan kondisi fisik atau tubuh yang benar-benar fit. 

3. Diet Rendah Kalori Rendah Lemak

Orang dengan diet seperti ini harus pintar-pintar menghitung asupan kalori. Semua jenis makanan biasanya di konsumsi, hanya saja asupan kalori dan lemak dikurangi.

Perlu di ingat bahwa satu gram lemak sama dengan sembilan kalori. Diet jenis ini memang tidak bisa berlangsung dengan cepat dalam menurunkan berat badan, paling hanya dua kilogram dalam sebulan. Namun, hal ini sudah cukup jika dilakukan secara konsisten.

Contoh makanan rendah kalori dan lemak yang dapat di konsumsi adalah buah-buahan seperti apel dan melon yang mengenyangkan namun juga kaya akan vitamin, serat dan anti oksidan.

4. Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein

Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP) bertujuan memberikan makanan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan kalori dan protein yang bertambah guna meningkatkan berat badan hingga mencapai normal.

Nah, jika biasanya diet digunakan untuk menurunkan berat badan, diet yang satu ini tujuannya berbeda yaitu untuk meningkatkan berat badan agar mencapai batas normal. Syarat diet ini adalah tinggi kalori, tinggi protein, cukup vitamin dan mineral serta mudah dicerna.

Konsumsi kalori dan protein sebaiknya dilakukan dengan menambahkan lauk dan susu. Sumber protein hewani yang baik dikonsumsi misalnya ayam, daging, hati, telur, susu dan keju. Sedangkan sumber protein nabatinya seperti tahu, tempe, dan oncom.

Ketika akan menjalani diet TKTP ada beberapa makanan yang harus dihindari misalnya makanan yang terlalu manis dan guru sehingga mengurangi nafsu makan seperti gula-gula, dodol, cake, dan sebagainya.

5. Food Combining

Cara ini adalah mengatur pola makan yang melibatkan teori asam dan basa, juga PH netral. Meskipun semua maknan bisa dipilih, baik karbohidrat, protein, maupun lemak, biasanya jenis makanannya tetap harus diatur.

Misalnya, makan pagi hanya dengan buah-buahan atau susu kedelai, lalu siang dengan nasi tiga sendok dipadukan dengan sayur mayur dan tempa/tahu. Makan malam karbohidrat juga dikurangi.

Diet jenis ini meski dapat menurunkan berat badan cukup signifikan sampai sekitar lima kilogram sebulan, namun cara ini cukup rumit untuk dilakukan.

Manfaat Diet

Sebenarnya apa sih manfaat diet? Kebanyakan orang mengetahui manfaat diet hanya untuk menurunkan berat badan saja. Padahal jika kita rutin melakukan diet akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya. 

Berikut ini penjelasan mengeni manfaat-manfaat dari diet.

1. Dapat menurunkan dan menaikkan berat badan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak orang yang salah mengartikan diet. Banyak yang menganggap diet hanyalah program untuk menurunkan berat badan saja. Namun, nyatanya diet dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan hingga mendapatkan berat badan yang ideal.

2. Diet dapat menguatkan tulang

Seringnya kegemaran orang dalam mengkonsumsi daging tanpa menyeimbangkannya dengan buah dan sayuran dapat mengakibatkan kadar protein berlebihan yang dapat mengganggu ginjal. Akibatnya penyerapan kalsium terganggu dan memaksa tubuh mengambil kalsium dari tulang. Namun, jika kita rutin melakukan diet, hal ini tentu tidak akan terjadi.

3. Memperlancar pencernaan

Pada saat melakukan diet, karbohidrat kompleks dalam tubuh seseorang dicerna secara berangsur-angsur dan teratur sehingga menyediakan sumber glukosa tetap. Inilah yang akhirnya memperlancar pencernaan seseorang.

4. Diet dapat menyehatkan kulit

Saat kita melakukan diet maka akan lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sehingga membuat banyak vitamin alami yang masuk ke dalam tubuh. Itulah yang membuat kulit menjadi sehat. Bahkan pada beberapa buah yang kulitnya dapat di konsumsi dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Diet dapat melindungi gigi

Pada orang yang melakukan diet, seringnya gigi mengunyah padi-padian dan sayur-sayuran daripada memotong daging sehingga membuat gigi lebih terlindungi.  

6. Diet dapat mencegah berbagai macam penyakit

Diet berguna untuk menyeimbangkan pola makan sehari-hari sehingga pola makan kita menjadi teratur dan memenuhi asupan gizi yang baik sehingga dapat mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, tulang keropos dan lain-lain.

Tips Diet Sehat dan Alami

Baiklah setelah memahami apa itu diet, jenis-jenis diet dan juga manfaat melakukan diet. Sekarang saatnya kita memulai program diet yang sehat dan alami. 

Ketika akan memulai melakukan diet, sebaiknya gunakan program diet yang sehat bukan diet yang cepat. Karena diet yang cepat meskipun hasilnya signifikan tetapi belum tentu ditunjang dengan kesehatan yang memadai. 

Sedangkan diet yang sehat meskipun hasilnya lambat tetapi justru malah menunjang kesehatan kita. Diet adalah soal kesabaran dan konsistensi mengenai bagaimana kita melakukan program diet secara rutin tanpa gangguan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan ketika memulai program diet.

1.  Menentukan Tujuan

Segala hal yang dilakukan dalam kehidupan tentu berawal dari tujuan, termasuk program diet. Menentukan tujuan merupakan hal yang paling utama dalam diet karena kita dapat menentukan jenis diet yang mana yang akan dilakukan serta target yang akan dicapai.

Misalnya kita ingin menurunkan berat badan dengan target lima kilogram selama tiga bulan dan jenis diet yang dipilih adalah diet rendah kalori rendah lemak. Atau kita ingin menaikkan berat badan dengan target lima kilogram dalam waktu 4 bulan dan jenis diet yang dipilih adalah diet tinggi kalori dan tinggi protein (TKTP).

Setelah kita menentukan tujuan dari diet, barulah kita menentukan makanan apa saja yang harus di konsumsi dan makanan apa saja yang harus dihindari.

2. Banyak Mengkonsumsi Air Putih 

Banyak ahli kesehatan yang selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

Kurangi mengkonsumsi soft drink karena banyak minuman yang memang tidak baik untuk kesehatan ginjal. Biasakan membawa botol minum ketika akan bepergian agar mempermudah dalam mencukupi kebutuhan air putih. 

Hal lain dalam mengkonsumsi banyak air putih saat berdiet adalah membuat kulit tetap elastis sehingga dapat menghindari beberapa tampilan kulit kendur yang seringkali menyertai penurunan berat badan. Minum banyak air putih juga akan membuat kulit tampak cerah dan berseri-seri.

3. Aktif Bergerak

Bergerak tampaknya dianggap terlalu sederhana bagi kebanyakan orang, padahal bergerak adalah salah satu cara terbaik dalam membakar kalori. Apalagi jika rajin dan rutin melakukan olahraga tentu dalam mencapai tujuan diet akan lebih dipermudah. 

Lebih banyak beraktivitas dan berolahraga sangat dianjurkan ketika menjalani program diet. Semakin banyak beraktivitas yang membakar kalori maka semakin tinggi pula dalam mencapai tujuan penurunan/peningkatan berat badan sesuai tujuan diet.

Beberapa aktivitas yang dapat membakar kalori misalnya pergi berkebun, menari, berlatih bola volly, bermain tenis, jogging, jalan santai, senam aerobik dan lain-lain disesuaikan dengan minat.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga maka sempatkanlah untuk mengerjakan pekerjaan rumah secara manual. Misalnya mencuci baju secara manual tidak menggunakan mesin cuci, mencuci piring, menyapu dan mengepel lantai tanpa meminta bantuan orang lain. Hal ini memberikan manfaat double karena rumah menjadi bersih dan program diet tetap terlaksana.

4. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran merupakan makanan yang sangat dianjurkan dalam diet karena kaya akan serta sehingga dapat menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Sayuran yang kaya serat dapat diperoleh dari kentang, bayam brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Adapun buah-buahan yang populer dalam program diet adalah apel karena memiliki jumlah kalori yang rendah yaitu kurang dari 200 kalori. Akan tetapi apel memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi sehingga mampu menahan nafsu makan pada tubuh. 

Selain itu, apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan tetap bertenaga. Konsumsi apel minimal dua kali dalam sehari, dan jangan lupa untuk ikut memakan kulitnya karena terdapat banyak serat disana.

5. Tidur Yang Cukup

Apa jadinya jika melakukan program diet tetapi tidur tidak teratur dan malah kebanyakan begadang. Tentu program diet yang dilakukan akan sia-sia dan malah menimbulkan penyakit.

Banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh kita, misalnya risiko diabetes. Hal ini tentu bisa menjadi penghambat metabolisme tubuh yang tidak maksimal.

Tidur yang cukup sangat diperlukan apalagi setelah berolahraga kita perlu memulihkan kembali tenaga salah satunya ya dengan istirahat yang cukup. 

Biasakan agar tubuh mendapatkan regenerasi yang maksimal, perbaiki gaya hidup dengan tidur yang cukup misalnya 6-8 jam sehari. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan ikut diperbaiki dan siap untuk menyambut berat badan ideal.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan ketika diet. Tips-tips diatas bukanlah satu-satunya yang terlibat dalam program diet tetapi setidaknya dapat membantu dalam mencapai tujuan diet yang telah ditentukan. 

Pada intinya diet merupakan pengaturan pola makan agar dapat menjaga berat badan yang ideal. Diet tidak hanya  bermanfaat untuk menurunkan dan menaikkan berat badan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya seperti memperlancar pencernaan, menyehatkan kulit, dan melindungi gigi.

Cara efektif dalam melakukan diet adalah konsisten. Biar mendapatkan hasil yang lambat tetapi sehat daripada cepat malah menimbulkan penyakit.

Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat.
Salam sejahtera

Sumber Rujukan:
1. Badraningsih Lastariwati. (2000). Gizi dan Diet. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik UNY. 

2. Barasi Mary E. (2007). At a Glance Ilmu Gizi. Terjemahan Hermin Halim Jakarta: Erlangga.

1 Response to "Tips Diet Sehat: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Diet Lengkap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel