Keuntungan Menjadi Blogger Berdasarkan Pengalaman Pribadi - Dzikri Khasnudin

Keuntungan Menjadi Blogger Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Hallo semuanya, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya.

keuntungan menjadi blogger

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman dengan para blogger mengenai keuntungan menjadi seorang blogger. Blogger adalah sebutan bagi mereka yang memiliki sebuah blog. Platform yang seringkali digunakan oleh para blogger biasanya Wordpress dan Blogspot. 

Tujuan menjadi seorang blogger tentu berbeda-beda. Ada yang hanya sekadar hobi menulis, berbagi ilmu pengetahuan, bahkan ada yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Saya sendiri memulai menulis di blog tujuannya hanya ingin berbagi ilmu yang saya dapat dari perkuliahan saja karena masih jarang orang yang mengetahui mengenai pendidikan kesejahteraan keluarga. 

Selain itu, tujuan saya membuat blog adalah sebagai portofolio dan berbagi informasi baik itu pengalaman maupun opini mengenai ilmu pengetahuan, berita, tips dan trik, atau hal-hal lainnya yang menarik.

Saya mulai membuat blog tujuh bulan yang lalu sejak artikel ini di tulis. Sebenarnya saya juga pernah membuat blog waktu masih SMA dulu. Tetapi saya lupa lagi email dan kata sandi dari blog yang dulu. Makanya saya buat lagi yang baru.

Berbagai manfaat telah saya dapatkan dari aktivitas nge-blog ini. Saya ingin berbagi pengalaman keuntungan apa saja yang didapat menjadi seorang blogger tentu ini hanya berdasarkan pendapat saya pribadi.

1. Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Bagi seorang blogger, konten adalah hal yang paling penting. Agar dapat menulis konten dengan baik maka mereka akan memperluas wawasannya dengan membaca. Proses inilah yang membuat seorang blogger pengetahuannya bertambah.

Logika sederhana saja, bagaimana seorang blogger menulis sebuah konten jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Mereka akan berusaha mencari ide, gagasan, dan referensi melalui membaca baik itu dari media buku, berita, internet, atau media lainnya. 

Bahkan bagi seorang blogger travelling, mereka harus berkunjung langsung ke suatu tempat agar dapat menulis sebuah konten. 

Saya pribadi merasakan hal-hal tersebut karena minat baca saya semakin hari semakin meningkat. Jujur, saat masih SMA dulu hobi saya hanyalah bermain dan bermain meski sempat membuat blog namun akhirnya vakum.

Menjadi seorang blogger, pengetahuan saya bertambah karena tidak hanya didapatkan dari perkuliahan saja tetapi juga berasal dari para blogger lainnya yang saya kunjungi ketika blogwalking.

Konten yang ditulis oleh setiap blogger memang berbeda-beda dan itulah yang membuat wawasan kita bertambah. Maka dari itu, menurut saya blogger juga pantas disebut sebagai guru karena memberikan informasi dan pelajaran kepada orang lain.

2. Melatih Kemampuan Menulis

Para blogger membagikan ilmunya lewat sebuah tulisan, begitupun saya pribadi.  Setelah mendapatkan inspirasi melalui membaca, saya menuangkannya menjadi tulisan. Membaca dan menulis memang menjadi dwitunggal yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Meskipun tulisan yang saya buat tidak sebagus para blogger profesional, setidaknya saya bisa belajar dari mereka. Istilahnya Learning by Doing, belajar sambil melakukan. 

Mendapatkan apresiasi dan kritik dari para pengunjung akan memberikan kepuasan tersendiri bagi saya pribadi. Apalagi bisa memberikan manfaat bagi mereka, tentu akan menjadi motivasi agar semakin meningkatkan kualitas tulisan. 

Kemampuan menulis akan semakin berkembang seiring dengan motivasi yang berlipat ganda dan diasah secara terus menerus. 

3. Mendapat Relasi Dari Jejaring Sosial

Relasi adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang karena manusia tidak akan bisa berjalan sendiri-sendiri tanpa bantuan orang lain. Ketika ada orang-orang yang memiliki tujuan sama biasanya membentuk suatu komunitas atau grup. 

Begitu pula dengan blogger, biasanya memiliki grup di sosial media baik itu facebook, whatsapp, google+, atau media sosial lainnya. Saya pribadi bergabung di komunitas dalam sosial media tersebut.

Dalam komunitas tersebut, mereka akan saling berbagi seputar dunia blogging, berdiskusi, maupun sekadar silaturahmi. Relasi memang bisa didapatkan dari mana saja termasuk sesama blogger.

Adanya komunitas-komunitas tersebut sangat membantu sekali bagi blogger pemula seperti saya. Saya mendapatkan banyak pelajaran dari mereka para mastah atau suhu-suhu blogger.

Mereka yang tergabung dalam komunitas blogger tentu memiliki tujuan yang sama yaitu untuk saling belajar meningkatkan kualitas blog yang dimilikinya.

4. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tidak sedikit orang yang menjadikan blog sebagai usaha sampingan dalam menambah penghasilan. Bahkan ada yang menjadikan blog sebagai sumber pengasilan utama.

Ada blogger yang berani resign dari pekerjaannya agar lebih fokus lagi dalam dunia blogging. Artinya, mereka sudah bisa menutupi penghasilan dari pekerjaannya hanya dari sebuah blog. Luar biasa bukan.

Tetapi justru ini seringkali disalahpahami oleh para blogger pemula karena kebanyakan dari mereka membuat blog dengan tujuan agar mendapatkan penghasilan. Alhasil banyak pula dari mereka (blogger pemula) yang berhenti ditengah jalan. Padahal blogger bukanlah pekerjaan instan.

Cara mendapatkan penghasilan dari blog biasanya dengan menjadi seorang publisher atau penayang iklan dari Google Adsense. 

Saya pribadi telah menjadi publisher adsense sejak dua bulan yang lalu. Namun, untuk saat ini saya tidak terlalu fokus mendapatkan penghasilan dari Google Adsense karena visitor blog yang masih sedikit.

Fokus saya saat ini hanya menulis artikel di tengah sibuknya dunia kuliah. Blog adalah penyalur hobi saya dalam menulis dan berbagi ilmu sesuai tujuan awal saya.

Saya yakin blog adalah investasi jangka panjang, jika sudah waktunya mendapat penghasilan maka saya akan mendapatkannya.  Fokus saat ini adalah belajar, belajar dan terus belajar.

Mungkin untuk saat ini hanya itulah yang bisa saya bagikan mengenai keuntungan menjadi seorang blogger. Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lain dari blogger seperti bisa belajar koding (HTML, CSS, Javascript), menjadi internet marketer, branding produk, atau bisa jadi lahan bisnis.

Hanya saja saya belum merasakan semua hal tersebut. Suatu saat nanti akan saya bagikan juga pengalamannya disini. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

Happy Blogging.

0 Response to "Keuntungan Menjadi Blogger Berdasarkan Pengalaman Pribadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel