Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli dan Berbagai Sudut Pandang - Dzikri Khasnudin

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli dan Berbagai Sudut Pandang

Sebenarnya mengenai pengertian keluarga ini telah saya singgung di beberapa artikel sebelumnya. Selain itu, di google pencarian juga sudah banyak yang menuliskan artikelnya. 

Namun, entah kenapa saya masih ingin membuatkan artikel khusus mengenai pengertian keluarga ini.  Saya merangkum pengertian keluarga ini menurut pendapat para ahli dan juga dari berbagai sudut pandang. 

Pokoknya artikel ini hanya akan berisi pengertian keluarga.
pengertian keluarga menurut para ahli dan berbagai sudut pandang

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

1. Bailon dan Maglaya (1978)  

Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, mempunyai peran masing-masing serta mempertahankan suatu budaya.

2. Friedman (1998) 

Keluarga adalah dua atau lebih individu yang tergabung karena ikatan tertentu untuk saling berbagi pengalaman dan melakukan pendekatan emosional, serta mengidentifikasi diri mereka sebagai bagian dari keluarga.

3. Duvall dan Logan (1986)

Keluarga merupakan sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional serta sosial dari tiap anggota keluarga.

4. Salvicion dan Cellis (1998)

Pengertian keluarga menurut Salvicion dan Cellis adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterikatan aturan dan emosional dan setiap individu memiliki peran masing-masing.

5. Sayekti (1994)

Sayekti mendefinisikan keluarga sebagai suatu ikatan/persekutuan hidup atas dasar perkawinan antar orang dewasa yang berlainan jenis yang hidup bersama atau seorang laki-laki atau perempuan yang sudah sendirian dengan atau tanpa anak, baik anaknya sendiri atau adopsi yang tinggal dalam sebuah rumah tangga.

6. Narwoto dan Suyanto (2004)

Keluarga merupakan lembaga sosial dasar dari mana semua lembaga atau pranata sosial lainnya berkembang. Di masyarakat mana pun di dunia, keluarga merupakan kebutuhan manusia yang universial dan menjadi pusat terpenting dari kegiatan dalam kehidupan individu.

7. Effendy (2005)

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

8. Raisner

Pengertian keluarga menurut Raisner adalah sebuah kelompok yang terdiri dua orang atau lebih masing-masing mempunyai hubungan kekerabatan yang terdiri dari bapak, ibu, kakak, dan nenek.

9. Fitzpatrick

Pengertian keluarga di klasifikasikan ke dalam tiga pandangan yaitu secara struktural, secara fungsional dan secara interaksional.

Secara struktural, keluarga adalah kehadiran atau ketidakhadiran anggota keluarga seperti orangtua, anak, dan kerabat lainnya. Secara fungsional, pengertian keluarga ditekankan pada tugas dan fungsi-fungsi psikososial, yang mencakup perawatan, dukungan emosi dan materi, dan pemenuhan kebutuhan lainnya.

Sedangkan secara interaksional, pengertian keluarga adalah kelompok yang mengembangkan keintiman atau kedekatan perilaku-perilaku yang akhirnya memunculkan rasa identitas sebagai sebuah keluarga.

10. Sigmund Freud

Menurut Sigmund Freud keluarga tercipta karena adanya pertalian perkawinan dua umat manusia. Secara tidak langsung, Sigmund Freud berpendapat bahwa keluarga merupakan kumpulan orang yang masih memilki hubungan darah secara langsung dimana setiap anggota keluarga juga memiliki peran dasar dan fungsi ekspresif di lingkungan keluarga.

11. Ernest W. Burges dan Harvey J. Locks 

Keluarga adalah kesatuan dari sejumlah orang yang saling berinteraksi dan berkomunikasi dalam rangka menjalangkan perana sosial mereka sebagai suami, istri, anak-anak, saudara laki-laki dan saudara perempuan. Peranan ini ditentukan dalam keluarga diperkuat oleh perasaan-perasaan, perasaan tersebut sebagai berdasarkan pengalaman dari masing-masing anggota keluarga.

Pengertian Keluarga Dalam Berbagai Sudut Pandang

1. UU No.52 Tahun 2009

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri; atau suami, istri dan anaknya; atau ayah dan anaknya (duda), atau ibu dan anaknya (janda).

2. Departemen Kesehatan RI (1998)

Pengertian keluarga menurut Departemen Kesehatan RI adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

3. Sudut Pandang Pendidikan

Keluarga dalam sudut pandang pendidikan berarti tempat/lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Pendidikan keluarga disebut juga pendidikan informal dimana orangtua merupakan guru bagi anak-anaknya.

4. Sudut Pandang Sosiologi

Keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang ada di masyarakat. Tatanan keluarga dibagi menjadi dua yaitu nuclear family dan extended family. Nuclear family atau keluarga inti yaitu tatanan keluarga yang anggotanya terdiri dari ayah, ibu dan anak. Sedangkan Extended family atau keluarga bercabang yaitu tatanan keluarga yang anggotanya tidak hanya terdiri dari orangtua dan anak, melainkan terdapat kakek, nenek, paman, bibi, dan kerabat lainnya.

5. Keluarga Dalam Islam

Keluarga dalam islam merupakan rumah tangga yang dibangun dari suatu pernikahan antara seorang pria dan wanita yang dilaksanakan sesuai syariat agama islam yang memenuhi syarat pernikahan dan rukun nikah yang ada.  
 

Baca juga: Arti Penting Pendidikan Keluarga

0 Response to "Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli dan Berbagai Sudut Pandang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel