Cara Berkomunikasi Dengan Anak Tentang Gadget - Dzikri Khasnudin

Cara Berkomunikasi Dengan Anak Tentang Gadget

Sebelum memberikan gadget kepada anak, ada 3 hal penting yang perlu orangtua perhatikan, yang dikutip dari buku 17 Rumus Keren Internet Baik, yaitu sebagai berikut:
Cara Berkomunikasi Dengan Anak Tentang Gadget

Diskusikan Kebutuhannya

Ketika anak meminta gadget dan akses ke internet, perlu tuntas dibicarakan mengapa anak perlu memiliki gadget dan atau mendapatkan akses ke Internet. 

Orangtua tidak perlu khawatir dianggap gagap teknologi atau tidak “kekinian,” karena justru di sinilah kesempatan mengajari anak bahwa membeli atau memiliki sesuatu harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena latah atau mengikuti trend. 

Harus dipastikan juga, bahwa teknologi yang dipakai, termasuk biaya yang harus (rutin) dibayarkan, sesuai dengan kebutuhan. Kekeliruannya, dalam memberikan gadget untuk anak ada orangtua yang memberikannya secara cuma-cuma tanpa tahu sebenarnya apakah anak butuh atau tidak. 

Alasan dari orangtua bermacam-macam, ada yang karena alasan mengikuti trend saat ini, memberikannya sebagai alternatif agar anak tidak bermain jauh dari rumah (tenang didalam rumah), mengikuti perkembangan jaman, dan sebagai fasilitas pendukung dalam belajar. 

Memberikan gadget kepada anak bukan suatu hal yang salah tetapi orangtua yang bijak adalah orangtua yang tau mengenai kebutuhan anak mengenai gadget sebelum orangtua langsung memberikannya.

Diskusikan Tanggung Jawabnya

Sebelum anak menggunakan untuk pertama kalinya gadget atau Internet yang disediakan orangtua, pastikan sudah ada kesepakatan mengenai aturan penggunaan dan konsekuensinya. 

Anak harus paham, bahwa orang tua berhak menanyakan untuk apa dan bagaimana teknologi tersebut digunakan. Orangtua juga berhak memeriksa isi ponsel anak. Tetapkan dan tegaskan konsekuensi kepada anak apabila gadget atau Internet terbukti disalahgunakan.

Diskusikan Resikonya

Baik orangtua maupun anak harus memahami tentang penyalahgunaan, resiko ataupun hal negatif yang dapat timbul dari penggunaan gadget atau Internet sekaligus cara pencegahan dan bagaimana menghindarinya. Selalu ingatkan kepada anak untuk menceritakan kepada orangtua tentang hal yang membuatnya tidak nyaman saat menggunakan gadget atau Internet.

0 Response to "Cara Berkomunikasi Dengan Anak Tentang Gadget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel