Rekreasi Dalam Perspektif Ekonomi Keluarga - Dzikri Khasnudin

Rekreasi Dalam Perspektif Ekonomi Keluarga

Pengertian Rekreasi

Rekreasi berasal dari bahasa latin yaitu “creature“ yang artinya mencipta, lalu diberi awalan “re“ sehingga berarti “pemulihan daya cipta atau penyegaran daya cipta”. Kegiatan rekreasi biasanya dilakukan diwaktu senggang (leasuretime).  Leasure berasal dari kata “licere” (latin) yang berarti diperkenankan menikmati saat-saat yang bebas dari kegiatan rutin untuk memulihkan atau menyegarkan kembali.

Rekreasi adalah kegiatan yang menyehatkan pada aspek sosial, fisik dan mental. Jay B. Nash memberikan gambaran bahwa aktivitas rekreasi adalah pelengkap dari kerja yang merupakan kebutuhan semua orang. 
Rekreasi Dalam Perspektif Ekonomi Keluarga

Dengan demikian, penekanan dari aktivitas rekreasi adalah dalam nuansa “menciptakan kembali” (recreation) orang tersebut. Ada upaya revitalisasi jiwa dan tubuh yang terwujud karena ‘menjauh’ dari kegiatan rutin dan kondisi yang menekan dalam kehidupan sehari-hari. 

Banyak orang berpandangan bahwa aktvitas rekreasi adalah kegiatan untuk mengisi waktu senggang. Namun, kegiatan rekreasi dapat pula memenuhi salah satu pengertian “penggunaan yang berharga dari waktu luang”. 

Dalam pengertian rekreasi ini, kegiatan dipilih oleh seseorang sebagai fungsi memperbarui ulang kondisi fisik dan jiwa, sehingga rekreasi tidak berarti hanya membuang-buang waktu atau membunuh waktu. 

Jenis-jenis Kegiatan Rekreasi

Kegiatan yang umum dilakukan untuk melakukan rekreasi adalah pariwisata, olahraga, permainan, dan hobi. Kegiatan rekreasi umumnya dilakukan pada akhir pekan

1. Pariwisata

Pariwisata atau turisme adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan dengan tujuan liburan atau rekreasi, dan juga persiapan yang dilakukan untuk kegiatan ini. 

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization), seorang turis atau wisatawan adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi.  

Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, tempat tinggal, makanan, minuman dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, dan keamanan. \

Banyak negara yang bergantung dari industri pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. 

Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wiiayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.

2. Olahraga Rekreasi

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani (misalkan olahraga tradisional dan modern). Sedangkan, olahraga rekreasi ialah olahraga yang mengarah kepada aktivitas gerak yang bertujuan untuk kesenangan dan kegembiraan. 

Biasanya kita dapat menemukan olahraga rekreasi di tempat-tempat wisata, jenisnya juga semakin bervariasi mulai dari petualangan sampai olahraga exstrim. 

Menurut Sejarah Olahraga di Indonesia, olahraga rekreasi merupak olahraga yang baru muncul. Aktivitas rekreasi dapat dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu rekreasi aktif secara fisik, dan pasif secara fisik, biasanya digunakan sebagai pengisi waktu luang oleh sebagian orang. 

Contoh beberpa olahraga rekreasi diantarnya outbound, pendakian gunung, renang, jogging, bersepeda, arung jeram, dan lain-lain.


Pada dasarnya semua cabang olahraga bisa digunakan menjadi olahraga rekreasi asalkan dengan tujuan yang jelas.

3. Permainan

Permainan adalah sebuah kegiatan rekreasi dengan tujuan bersenang-senang. Mengisi waktu luang, atau berolah raga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama.

Permainan ada tingkatannya berdasarkan umur, ada permainan anak dan ada permainan dewasa. Ada juga permainan untuk umum yaitu permainan komputer.

4. Hobi

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Kata hobi merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu “Hobby”. 

Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatakan kesenangan. Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulkan sesuatu (koleksi), membuat, memperbaiki, dan bermain.

Tujuan dan Manfaat Rekreasi

Pada dasarnya setiap orang suka melakukan hal yang menyenangkan. Salah satu aktivitas yang menyenangkan adalah rekreasi. 

Tidak heran orang rela bepergian jauh dan mengeluarkan uang untuk pergi rekreasi. Bagi sebuah keluarga, rekreasi bersama adalah momen yang sangat berharga dan sangat mengesankan. 

Apa manfaat rekreasi bersama keluarga? Beberapa Tujuan dan manfaat rekreasi bersama keluarga antara lain sebagai berikut.

1. Membahagiakan Keluarga

Mengajak semua anggota keluarga untuk rekreasi ke tempat yang menyenangkan adalah salah satu cara untuk membahagiakan keluarga. Mengunjungi tempat yang menarik, bersenang-senang, dan makan bersama di luar adalah aktivitas yang menyenangkan yang dapat dirasakan bersama oleh semua anggota keluarga.

2. Mempererat Hubungan Kekeluargaan

Rekreasi sangat bermanfaat untuk saling mengakrabkan masing-masing peserta. Bagi sebuah keluarga, rekreasi bersama dapat mempererat hubungan kekeluargaan melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih intensif.

3. Melepaskan Ketegangan

Rekreasi bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghilangkan ketegangan fisik dan mental karena melakukan rutinitas harian yang monoton dan menguras tenaga dan pikiran.

4. Mengurangi Stress

Stress dapat disebabkan karena kesibukan dan beban pikiran. Rekreasi adalah salah satu cara untuk melupakan sejenak berbagai kesibukan dan beban pikiran yang dapat menyebabkan stress.

5. Melakukan Aktivitas Fisik

Rekreasi dengan berjalan, bermain, outbond, dan lain lain dapat menjadi kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan.

6. Kesempatan Mengabadikan Momen Indah Bersama Keluarga

Bertamasya bersama keluarga bisa menjadi kesempatan indah yang sangat berharga bagi sebuah keluarga untuk mengabadikan kebersamaan. Foto dan video kegiatan rekreasi keluarga akan selalu menjadi kenangan indah yang tak akan terlupakan di kemudian hari.

7. Mengisi Waktu Liburan Secara Berkualitas

Rekreasi keluarga adalah salah satu cara memanfaatkan liburan secara positif dan berkualitas misalnya dibandingkan menghabiskan waktu libur hanya menonton TV di rumah, merawat hewan kesayangan, membaca majalah, chatting online, dan sebagainya.

Rekreasi Ditinjau Dari Aspek Ekonomi Keluarga

Ekonomi sangat berpengaruh untuk melaukan kegiatan rekreasi.
Rekreasi yang akan dilakukan oleh setiap keluarga berbeda-beda mulai dari bentuk dan kegiatan rekreasi, lokasi atau tempat rekreasi dan waktu yang dibutuhkan, jumlah anggota keluarga yang mengambil bagian dalam rekreasi akan mempengaruhi besar atau jumlah biaya yang dikeluarkan selama melaksanakan kegiatan rekreasi.  

Pada umumnya biaya perjalanan, banyaknya perlengkapan yang diperlukan, dan lama waktu rekreasi menentukan besar biaya yang harus dikeluarkan. 

Biaya perjalanan dapat dipertimbangkan dari sisi jenis kendaraan yang digunakan. Apakah menggunakan sarana transportasi darat, laut atau udara? Jika transportasi darat, apakah kendaraan umum, atau pribadi? 

Khusus untuk kapal laut atau pesawat terbang dan kendaraan umum melalui darat,harga tiket sangat dipengaruhi oleh musim libur,seperti waktu lebaran,natal dan tahun baru atau waktu libur lain. 

Pada waktu libur tertentu harga tiket jauh lebih malah dari keadaan normal. Walaupun mahal, jumlah tiket yang tersedia pun habis terjual. Oleh karena itu,pertimbangan waktu, tempat, dan jenis alat transportasi menjadi bagian penting dalam menentukan besar biaya untuk jenis kegiatan rekreasi yang akan dilaksanakan. 

Dari sisi peningkatan pendapatan masyarakat setempat atau pengelola obyek rekreasi dapat dilakukan analisis tersendiri. Karena itulah kegiatan rekreasi harus direncanakan sesuai dengan dengan kemapuan setiap keluarga. 

Kegiatan rekreasi tidak hanya dilakukan diluar saja tetapi kita pun bisa menciptakan rumah menjadi tempat rekreasi , seperti kegiatan berkebun atau melakukan piknik dihalaman rumah, kegiatan itu sangat sederhana sehingga dapat menghemat pengeluaran ekonomi keluarga untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Rekreasi Hemat Untuk Keluarga

Ada banyak jenis wisata liburan yang bisa menjadi alternatif wisata, dari yang memerlukan biaya besar sampai yang hanya membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar. 

Banyak sekali obyek wisata yang bisa menjadi alternatif mulai wisata alam, wisata candi, wisata kerajinan, wisata religi, wisata kuliner dan sebagainya. Apabila anggaran untuk berlibur agak cekak, masih bisa kok liburan. 

Persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara pendapatan bulanan kita selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan. 

Biasanya dengan mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika kita ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat. 

Dalam biaya transportasi dan akomodasi, akan sangat baik jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. 

Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar. Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. 

Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan.

Lebih baik jika kita memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir kita sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. 

Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya selain memberikan pengalaman yang menyenangkan, tentunya bisa menghemat uang kita. 

Jangan lupa untuk selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, kitapun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Bawalah uang saku sesuai dengan budget

Dan tetap catat semua pengeluaran selama perjalanan dari awal hingga akhir. Jika kita mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. 

Kita bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season”. Jika budget tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. 

Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak. Bahkan rumah pun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Rumah Sebagai Tempat Rekreasi

Waktu bersama keluarga adalah saat tepat untuk bersenang-senang tanpa ada batasan apapun dan terhindar dari masalah yang namanya kerjaan kantor. 

Untuk mendapatkan waktu yang berkualitas bersama keluarga khususnya anak pada saat musim liburan, tidak harus bepergian jauh keluar kota atau bahkan hingga keluar negeri untuk berlibur, serta tidak harus merogoh kocek yang dalam dan mengeluarkan budget yang banyak.

Rumah yang kita huni saat ini bisa jadikan sebuah tempat berlibur yang menyenangkan yang dapat mendatangkan waktu yang berkualitas bersama anak-anak serta keluarga.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukakn untuk bisa memanfaatkan halaman dan sekitar rumah sebagai tempat rekreasi keluarga yang nyaman.

1. Camping (Perkemahan)

Alternatif liburan yang sangat murah meriah yang bisa dilakukakn dihalaman rumah salah satunya adalah Camping atau perkemahan bersama keluarga. 

Memanfaatkan lahan halaman yang tersedia, kita hanya perlu menyiapkan sebuah tenda, api unggun, dan alat-alat masak untuk dapat berkemah bersama-sama. Dengan begitu, liburan bersama keluarga akan sangat berkualitas dan juga sangat nyaman, karena tak perlu khawatir dengan kondisi rumah.

2. Bersepeda

Membuat atraksi atau konvoi menggunakan sepeda dengan mengajak para tetangga di lingkungan sekitar untuk dapat berpartisipasi, cara ini menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan bersama keluarga.

3. Belajar Sambil Bermain

Cara lainnya adalah menggunakan waktu liburan anak untuk hal yang bermanfaat seperti,mengajak anak-anak ke museum atau tempat-tempat wisata yang memiliki nilai edukasi  atau pengetahuan serta sejarah yang tinggi.

4. Menonton Film

Alternatif lainnya adalah menonton film bersama keluarga di halaman rumah menjadi salah satu cara untuk mengatasi tingkat stress karena penatnya rutinitas pekerjaan tiap hari.

Kita dapat merasakan suasana yang hangat dengan kualitas waktu terbaik bersama keluarga, atau jika perlu ajaklah juga tetangga sekitar tempat tinggal.

5. Bermain Bola

Olahraga yang satu ini juga dapat dijadikan pilihan untuk mengisi waktu yang terbaik bersama keluarga. Seperti halnya bermain bola dihalaman rumah dan tak perlu pergi ke stadion atau pun tempat futsal untuk dapat melakukan hal ini.

6. Bermain di Kolam Renang

Apabila di dalam rumah memiliki kolam renang, gunakanlah kolam renang tersebut untuk mengisi waktu bersama keluarga, jadi tak perlu pergi jauh-jauh, cukup di kolam renang yang dimiliki. Dikolam renang sendiri kita bisa melakukan permainan air lainnya bersama Anak-anak.

0 Response to "Rekreasi Dalam Perspektif Ekonomi Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel