Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Lens, Aplikasi Yang Sangat Bermanfaat Tapi Jarang Diketahui Orang

Google selalu menyajikan aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Ada banyak sekali aplikasi yang telah dibuat oleh Google namun tidak semua orang mengetahui fungsi dan manfaatnya. 

Ya, memang tidak semua aplikasi Google populer di kalangan pengguna smartphone. Kali ini saya akan menjelaskan salah satu aplikasi milik Google yang tidak kalah penting manfaatnya yaitu Google Lens.

Google Lens diluncurkan pertama kali tahun 2017. Pada awalnya, aplikasi ini merupakan aplikasi tersendiri, akan tetapi kini sudah menjadi aplikasi standar bawaan untuk smartphone dengan sistem operasi Android.

Meskipun aplikasi ini sudah menjadi bawaan smartphone Android, masih sedikit orang yang memanfaatkan fitur-fitur Google Lens. Salah satu alasan utamanya karena memang tidak mengetahui dan mengerti fitur yang ada di dalamnya.

manfaat aplikasi google lens

Apa itu Google Lens?

Google Lens adalah aplikasi yang memiliki kemampuan komputasi berbasis penglihatan. Aplikasi ini dapat memahami apa yang kamu lihat dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menyalin atau menerjemahkan teks, mengidentifikasi tumbuhan dan hewan, menjelajahi tempat, menemukan produk atau gambar yang mirip secara visual.

Google Lens mencari segala sesuatu yang kamu lihat secara langsung menggunakan foto atau kamera yang ada di smartphone kamu. 

Google Lens membantu kamu menemukan gambar yang mirip secara visual dan konten yang berkaitan serta mengumpulkan hasilnya dari seluruh jaringan internet.

Google menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mengenali objek yang akan di identifikasi.

Lalu apa aja sih fitur yang ada di aplikasi Google Lens tersebut.

Fitur Google Lens

1. Menyalin teks secara langsung

Google Lens dapat mempermudah kamu untuk menyalin teks dari smartphone kemudian menempelkannya di komputer/laptop.

Caranya kamu hanya perlu menghubungkan browser Chrome dengan smartphone yang kamu miliki. Setelah itu, pindai teks yang ingin kamu salin di smartphone melalui aplikasi Google Lens.

Pilih teks dan klik "salin ke komputer" untuk menempelkannya secara langsung. Mudah bukan?

Kamu juga dapat menyalin tulisan tangan melalui aplikasi ini, asalkan tulisannya jelas dan mudah dibaca.

2. Menerjemahkan teks

Ini juga fitur yang sangat bermanfaat, kamu dapat menerjemahkan teks secara langsung melalui aplikasi Google Lens.

Ketika kamu sedang membaca buku, misalnya, kemudian menemukan kalimat dalam bahasa asing yang tidak kamu mengerti. Kamu ingin menerjemahkan kalimatnya tapi kamu malas untuk mengetik ulang kalimat tersebut. 

Nah, Google Lens adalah solusinya. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan kalimat bahasa asing secara langsung hanya dengan mengarahkan kamera pada teks yang ingin diterjemahkan. 

Hasil terjemahannya pun akan langsung ditampilkan di layar smartphone. Jika diperlukan, kamu juga dapat menyalin hasil terjemahan tersebut.

3. Mengenali objek

Pernahkah kamu, ketika sedang bermain di alam bebas dan menemukan bunga yang sangat bagus tapi kamu tidak mengetahui nama bunga tersebut.

Jika menggunakan Google Lens, kamu dapat langsung mencari informasi terkait bunga yang kamu temukan itu.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Lens terlebih dahulu. Setelah itu, arahkan kamera ke objek, misalnya, bunga yang kamu temukan tadi. 

Google Lens akan membantu kamu mengidentifikasi dan mengenali objek serta menampilkan informasi penting terkait objek tersebut.

Cara tersebut juga bisa kamu gunakan pada objek lainnya, seperti mengenali tempat wisata, produk yang ingin kamu beli, bahkan tugas sekolah juga bisa kamu cari langsung.

Wow, menarik bukan?

Itu tiga fitur utama yang ada di Google Lens. Silakan kamu eksplorasi sendiri fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya. 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk " Google Lens, Aplikasi Yang Sangat Bermanfaat Tapi Jarang Diketahui Orang"