Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Gejala Sosial dan Cara Mengatasinya

 BAB 2 - Gejala Sosial

  1. Pengertian dan Faktor Penyebab Gejala Sosial
  2. Macam-macam Gejala Sosial dan Contohnya Dalam Masyarakat
  3. Dampak Gejala Sosial dan Cara Mengatasinya


dampak gejala sosial dan cara mengatasinya

Dampak Gejala Sosial di Masyarakat

1. Dampak Positif 

Gejala sosial yang ada di masyarakat harus kita sikapi dengan baik. Bila kita dapat terbuka dan mengimbangi perubahan sosial-budaya yang ada, maka perubahan tersebut akan berdampak positif dan memberikan manfaat. 

Hal ini dapat dilihat dengan kemajuan bidang teknologi. Dalam bidang teknologi kita mengenal teknologi komunikasi, seperi telepon, handphone, telegram, email, dsb. Dengan adanya alat komunikasi yang modern, maka kita dapat melakukan interaksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung. 

2. Dampak Negatif 

Seseorang yang tidak dapat menerima perubahan yang terjadi akan mengalami keguncangan budaya (culture shock). Ketidaksanggupan seseorang dalam menghadapi gejala sosial akan membawa kearah prilaku menyimpang.

Cara Mengatasi Dampak Gejala Sosial 

Dampak yang ditimbulkan dari gejala sosial di masyarakat sangat beragam, mulai dari dampak positif maupun negatif. 

Adanya dampak negatif di masyarakat harus menjadi perhatian khusus bagi kita, karena dapat merugikan orang lain. Untuk itu perlu adanya pengendalian sosial. 

Pengendalian sosial merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu maupun kelompok, sehingga anggotanya dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok atau masyarakat. Dengan adanya pengendalian sosial, diharapkan masyarakat dapat memahami mengenai norma. 

Norma menjadi aturan-aturan yang bertujuan untuk mendorong individu atau kelompok dalam mencapai nilai-nilai sosial. Pihak-pihak yang ikut berperan untuk mengatasi gejala sosial yang ada di lingkungan masyarakat, antara lain: 
  • Keluarga 
  • Sekolah 
  • Masyarakat 
  • Polisi 
  • Media massa 

Sumber:

  • Partiwi, Sri Uji. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X: Ragam Gejala Sosial. Repositori Kemdikbud. (Klik Disini)

Posting Komentar untuk "Dampak Gejala Sosial dan Cara Mengatasinya"