Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Faktor Penyebab Gejala Sosial

BAB 2 - Gejala Sosial

  1. Pengertian dan Faktor Penyebab Gejala Sosial
  2. Macam-macam Gejala Sosial dan Contohnya Dalam Masyarakat
  3. Dampak Gejala Sosial dan Cara Mengatasinya


Pengertian dan Faktor Penyebab Gejala Sosial

A. Pengertian Gejala Sosial

Gejala-gejala sosial yang ada di masyarakat dapat diartikan sebagai fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat. Fenomena sosial merupakan gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial.

Munculnya fenomena sosial di masyarakat berawal dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial itu tidak dapat kita hindari, namun kita masih dapat mengantisipasinya. Perubahan sosial akan mengakibatkan beberapa dampak baik itu positif maupun negatif.

Fenomena sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan masalah sosial. Adapun beberapa contoh fenomena sosial seperti munculnya kesenjangan sosial, demam musik luar (boyband/girlband), pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya. 

Gejala sosial juga diartikan sebagai suatu peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat, baik masyarakat tradisional maupun masyarakat modern.

Pengertian Gejala Sosial Menurut Para Ahli

a. Soerjono Seokanto

Menurut Soerjono Soekanto dalam Sosiologi Suatu Pengantar (1999), gejala sosial merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah sosial yang disebabkan oleh lingkungan.

b. Emile Durkheim

Menurut Emile Durkheim, gejala sosial harus dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif individu.

c. Arnold Rose

Gejala sosial adalah situasi yang tidak diinginkan dan dianggap akan berpengaruh terhadap keadaan masyarkat. Gejala sosial muncul dari perilaku manusia itu sendiri atau masyarakat. 

Perilaku masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat kuat daripada lingkungan geografis. Masyarakat melalui kegiatan atau perilakunya menentukan keyakinan, keinginan, dan motif perilaku dari anggota mereka.

Dari pendapat para ahli di atas, gejala sosial dapat disimpulkan suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu dalam lingkungan sosialnya.

B. Faktor Penyebab Gejala Sosial

Adanya berbagai gejala sosial di masyarakat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: 

1. Faktor kultural 

Kultural/budaya merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat/komunitas. Ada beberapa contoh gejala sosial berdasarkan faktor kultural, antara lain kemiskinan, kerja bakti, prilaku menyimpang. 

2. Faktor struktural 

Struktural merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi struktur, struktur yang dimaksud adalah sesuatu yang disusun oleh pola tertentu. Faktor struktural dapat dilihat dari pola-pola hubungan antar individu dan kelompok yang terjalin di lingkungan masyarakat. 

Contoh gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural seperti penyuluhan sosial dan interaksi dengan orang lain.

Sumber:

  • Partiwi, Sri Uji. 2020. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X: Ragam Gejala Sosial. Repositori Kemdikbud. (Klik Disini)
  • Farikhah, M., Isnawati, S. 2022. Aktif dan Kreatif Belajar Ilmu Sosiologi Kelas X. Magelang: Pustaka Rumah C1nta.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Faktor Penyebab Gejala Sosial"