8 Fungsi Utama Keluarga - Dzikri Khasnudin

8 Fungsi Utama Keluarga


8 Fungsi Utama Keluarga
Istilah keluarga sudah menjadi hal yang tidak asing di telinga kita. Setiap hari kita pasti mendengar istilah tersebut. Semua orang juga hidup di dalam sebuah keluarga meskipun memiliki peranan yang berbeda. Ada yang berperan sebagai orangtua, anak, maupun anggota keluarga yang lain. Manusia akan mengalami semua peranan tersebut. Jika saat ini kita berperan sebagai anak, maka ingatlah bahwa suatu saat kita akan berperan menjadi orangtua.

Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai fungsi utama keluarga. Secara umum, semua orang telah menjalankan fungsi  keluarga meskipun tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Sebagian besar orang membangun sebuah keluarga berdasarkan pengalaman saja, baik itu pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain.

Memang dalam pendidikan kehidupan keluarga, kita tidak akan mendapatkan pelajarannya ketika di sekolah. Kalaupun ada, hanya sebatas teori saja. Padahal aktivitas yang ada di dalam kehidupan keluarga sangatlah kompleks. Mulai dari perawatan anak, mengelola ekonomi keluarga, maupun mengelola sumber daya keluarga.

Sebelum kita membahas tentang fungsi keluarga, kita harus mengerti terlebih pengertian dari keluarga itu sendiri. Setiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda tentang pengertian keluarga. Mari kita satukan pendapat tersebut.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas sedikit tentang pengertian keluarga. Tapi kali ini mari kita review ulang agar kita lebih paham.

Pengertian sederhana tentang keluarga adalah sebuah ikatan yang terdiri antara orangtua dan anak. Namun, jika kita lihat lebih jauh keluarga meliputi semua pihak yang memiliki hubungan darah atau keuturunan.

Ditinjau dari sudut pandang sosiologi, keluarga merupakan lembaga sosial terkecil di masyarakat. Keluarga terbentuk akibat adanya ikatan perkawinan atau hubungan darah. Keluarga merupakan pergaulan sosial di masyarakat sehingga menimbulkan peranan-peranan sosial setiap anggota keluarga.

Ditinjau dari bidang pendidikan, keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama yang diterima oleh semua manusia.

Dalam sudut pandang ekonomi, keluarga merupakan suatu unit dalam sistem ekonomi yang senantiasa berinteraksi, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sistem ekonomi yang lebih besar.

Dalam agama islam, keluarga memiliki arti penting dimana keluarga merupakan bagian dari masyarakat dan tempat pertama seseorang belajar mengenal islam.

Banyak sekali pengertian tentang bukan? Tinggal kita saja melihatnya dari sudut pandang yang mana. Namun dari beberapa pengertian diatas, keluarga memiliki ciri khas yaitu:
  1. Adanya hubungan pasangan kedua jenis kelamin
  2. Adanya ikatan perkawinan
  3. Pengakuan akan keturunan
  4. Kehidupan ekonomis yang dinikmati bersama
  5. Kehidupan rumah tangga
Setelah kita mengetahui pengertian keluarga mari kita bahas topik utama kita tentang fungsi keluarga
8 fungsi utama keluarga

8 Fungsi Utama Keluarga

Banyak sekali orang yang membahas tentang fungsi keluarga. Hampir semua memiliki pendapat sama tentang fungsi keluarga tersebut. Secara umum keluarga memiliki delapan fungsi utama, yaitu sebagai berikut.

Fungsi Pendidikan

Seperti yang kita ketahui bahwa keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak. Artinya keluarga tersebut sedang menjalankan fungsi pendidikan dalam keluarga. Tugas orangtua dalam fungsi ini adalah menciptakan situasi dan iklim keluarga yang edukatif bagi anggota keluarga. Situasi dan iklim tersebut sangat penting untuk dihayati oleh semua anggota keluarga agar mampu mencapai tujuan pendidikan.

Dalam rangka mempermudah mencapai tujuan pendidikan dalam keluarga, maka orangtua harus menyediakan fasilitas pendidikan yang cukup di dalam rumah. Fasilitas pendidikan yang harus ada dapat berupa buku, alat permainan edukatif maupun sumber belajar lainnya. 

Selain itu, orangtua juga harus jadi contoh yang baik bagi anaknya karena orangtua merupakan pendidik pertama dan utama. Seperti kata pepatah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" berarti jika orangtua ingin memiliki anak yang cerdas maka berperilaku cerdaslah di hadapan anak. Orangtua yang cerdas akan menjadi panutan bagi anak-anaknya.

Fungsi Sosialisasi

Dalam fungsi sosialisasi, tugas orangtua adalah menyaring atau memilih norma yang masuk (baik dan buruk). Ajarkan anak tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Norma yang akan masuk tersebut akan disesuaikan dengan sikap hidup anak.

Ajarkan nilai dan norma kepada anak sejak usia dini dan lakukan secara bertahap karena pelaksanaan fungsi sosialisasi anak akan menentukan sikap dan pandangan hidup anak. Orangtua harus mengarahkan anaknya kepada sesuatu hal yang dianggap baik. Beri pemahaman kepada anak agar tidak melakukan sesuatu yang dianggap buruk.

Fungsi Protektif atau Perlindungan

Keluarga memiliki fungsi protektif atau fungsi perlindungan. Artinya setiap anggota keluarga harus melindungi anggota keluarganya yang lain. Fungsi ini tidak hanya berlaku antara orangtua yang melindungi anaknya. Tetapi semuanya saling melindungi baik itu kakak yang melindungi adik, ayah yang melindungi ibu, bahkan anak yang melindungi orangtua. Intinya saling melindungi.

Namun, lazimnya kita menjumpai fungsi ini pada orangtua yang melindungi anaknya karena memang itulah tugas orangtua. Upaya yang dapat dilakukan orangtua adalah melarang dan membatasi anak melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan, memberikan nasihat kepada anak ketika melakukan kesalahan, membantu anak dalam mencapai kebutuhannya, serta memberi contoh yang baik kepada anak.

Fungsi Perasaan atau Afektif 

Fungsi afektif meliputi penggunaan bahasa, perbuatan atau tindakan, nada bicara dan irama berbicara. Dalam sudut pandang lain, fungsi afeksi juga berarti fungsi kasih sayang karena perasaan sangat berkaitan erat dengan kasih sayang. Orangtua harus memberikan kasih sayang yang cukup kepada anaknya agar anak merasakan kenyamanan hidup dalam sebuah keluarga.

Tugas orangtua dalam melaksanakan fungsi ini adalah mengajarkan anak menggunakan bahasa yang baik ketika berbicara dengan orang lain. Bahasa yang baik adalah bahasa yang penggunaannya disesuaikan dengan lawan bicara. Tetapi pada umunya orangtua mengajarkan anak untuk menggunakan bahasa yang santun.

Selain itu, dalam hal perbuatan atau tindakan, orangtua harus mengajarkan anak berperilaku sopan dan santun. Perilaku anak tidak akan jauh berbeda dari perilaku orangtuanya. 

Fungsi Religius

Fungsi religius berkaitan dengan cara hidup yang sesuai dengan ajaran agama. Cara hidup hendaknya dihayati dan bermakna bagi anggota keluarga khususnya anak. 

Keluarga sebagai lembaga sosial mempunyai tanggung jawab supaya setiap anggota keluarga khususnya anak-anak untuk menjadi penganut agama, meyakini dengan baik dan melakukan seluruh ajaran agama dengan khusyu dan ikhlas, Dengan kata lain keluarga adalah lembaga pendidikan beragama dan lembaga perlindungan untuk hidup beragama serta tempat melaksanakan ritual keagamaan.

Fungsi Ekonomis

Keluarga merupakan suatu kesatuan ekonomis. Fungsi ekonomis keluarga meliputi pencarian nafkah, perencanaan serta pemenuhan kebutuhan hidup. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat tiga kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Setiap anggota keluarga akan berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuannya adalah untuk mencapai kehidupan keluarga yang sejahtera.

Fungsi Rekreatif (Hiburan)

Pelaksanaan fungsi rekreasi merupakan suatu cara untuk menciptakan suasana akrab, ramah dan hangat diantara setiap anggota keluarga. Jangan sampai ada anggota keluarga yang merasa asing di rumahnya sendiri. 

Fungsi orangtua yaitu harus dapat menciptakan iklim atau situasi yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Yang paling utama dari fungsi ini yaitu keluarga merasa terbebas dari beban yang dirasakan.

Fungsi Biologis

Fungsi ini memberi kesempatan pada setiap anggotanya untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, dan papan dengan syarat-syarat tertentu sehingga memungkinkan manusia ini untuk bertahan hidup dan menjalankan fungsinya sebagai manusia. 

Fungsi biologis ini mendasari fungsi reproduksi atau fungsi berkembang biak atau mengembangkan keturunan karena adanya ikatan perkawinan. Pada dasarnya fungsi biologis adalah fungsi untuk hidup bagi setiap keluarga. Setiap anggota keluarga diberi hak untuk hidup dan meneruskan kehidupan.
 
Itulah 8 Fungsi Utama Keluarga yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota keluarga. Pelaksanaan fungsi keluarga sebagai lembaga sosial terkecil merupakan suatu upaya untuk memberikan pengaruh baik pada lingkungan yang lebih besar seperti lingkungan kerja, masyarakat sekitar tempat tinggal, masyarakat luas, bangsa, negara, bahkan dunia.

Baca juga: 10 Segi Kehidupan Keluarga

0 Response to "8 Fungsi Utama Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel