5 Fungsi Protein Bagi Tubuh - Dzikri Khasnudin

5 Fungsi Protein Bagi Tubuh

Protein sangat bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh setelah air. Seperlima bagian tubuh adalah protein yang biasanya terdapat di dalam otot, tulang dan tulang rawan, kullit, serta di dalam jaringan dan cairan lain dalam tubuh.

Istilah protein berasal dari bahasa Yunani yaitu proteos artinya yang utama atau yang didahulukan. Kata protein diperkenalkan oleh seorang ahli kimia Belanda yaitu Gerardus Mulder (1802-1880) karena ia berpendapat bahwa protein adalah zat yang paling penting dalam setiap organisme/makhluk hidup. 

Dilihat dari pengertian secara istilah pun kita bisa mengetahui bahwa protein merupakan sesuatu yang sangat penting karena harus didahulukan dan diutamakan. Lalu apa sih fungsi protein yang sebenarnya sehingga membuat protein ini menjadi penting bagi manusia? 
fungsi protein bagi tubuh

Fungsi Protein

Perlu diketahui bahwa protein mempunyai fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun serta memelihara sel-sel dan jaringan tubuh. Namun, jika dilihat lebih luas, protein memiliki fungsi-fungsi yang esensial bagi tubuh yaitu:

1. Pertumbuhan dan Pemeliharaan

Manusia menggunakan otot untuk bergerak dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Kekuatan otot terus berkembang sejak kita anak-anak sampai dewasa. Pertumbuhan dan penambahan otot ini akan terjadi apabila tersedia asam amino yang cukup yang terkandung di dalam protein. Protein kolagen merupakan protein utama urat-urat dan jaringan ikat. Sedangkan fibrin dan miosin adalah protein lain yang terdaoat di dalam otot-otot.

Maka dari itu, kebutuhan protein harus terpenuhi sejak dini terutama saat anak-anak yang membutuhkan protein lebih. Kekurangan protein akan berdampak pada pertumbuhan tubuh misalnya tubuh kurus juga disebabkan oleh kekurangan protein atau yang lebih ekstrim dari kekurangan energi protein adalah busung lapar. 

Protein tubuh berada dalam keadaan dinamis, yang secara bergantian dipecah dan disintesis kembali. Maksudnya, protein terus bergerak dan berubah untuk mengganti sel-sel yang telah rusak menjadi sel-sel yang baru. Tiap hari sebanyak 3% jumlah protein total berada dalam keadaan berubah ini. 

Tubuh sangat efisien dalam memelihara protein yang ada dan menggunakan kembali asam amino yang diperoleh dari pemecahan jaringan untuk membangun kembali jaringan yang sama atau jaringan lain. Misalnya terjadi kerusakan pada jaringan otot lengan, maka protein yang ada dalam jaringan otot lain akan ikut memperbaiki kerusakan otot tersebut.

2. Pembentukan Ikatan-ikatan Esensial Tubuh

Tubuh memiliki berbagai macam hormon-hormon yang esensial seperti tiroid dan insulin. Hormon-hormon tersebut merupakan bentuk lain dari protein dan berbagai enzim. 

Hormon tiroid merupakan salah satu hormon yang penting bagi tubuh karena mampu mempercepat atau memperlambat detak jantung serta dapat melakukan kontrol terhadap proses pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh. Begitupun dengan hormon insulin yang berfungsi untuk mengontrol gula darah.  

3. Sumber Energi

Manusia selalu bergerak dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentu membutuhkan energi dalam tubuh agar bisa terus beraktivitas. Protein juga memiliki fungsi yang sama dengan karbohidrat dan lemak yaitu sebagai sumber energi. Jika kita mengalami kelebihan protein dalam tubuh untuk perawatan jaringan, maka protein yang lebih tersebut akan dialihkan menjadi bentuk lemak sehingga akan menjadi sumber energi cadangan bagi tubuh.

4. Pembentuk Antibodi

Apabila kita sakit, biasanya disebabkan karena antibodi yang ada dalam tubuh kita melemah akibat kekurangan protein sehingga mudah terserang infeksi bakteri atau virus. Dengan tercukupinya protein maka infeksi penyakit dapat dicegah karena protein mampu mengidentifikasi dan menghancurkan bakter-bakteri atau virus.

5. Mengangkut Zat-zat Gizi

Protein mememgang peranan esensial dalam mengangkut zat-zat gizi dari saluran cerna melalui dinding saluran cerna ke dalam darah, dari darah ke jaringan-jaringan, dan melalui membran sel ke dalam sel-sel. Sebagian besar zat yang mengangkut zat gizi ini adalah protein. Alat angkut protein ini bertindak secara khusus, misalnya protein pengikat retinol yang hanya mengangkut vitamin A, transferin yang dapat mengangkut beberapa jenis zat gizi seperti mangan dan zat besi, dan juga lipoprotein yang dapat mengangkut lipida dan bahan-bahan sejenis lipida.

Itulah 5 fungsi yang paling utama dari protein bagi tubuh.Setiap manusia setidaknya membutuhkan protein 56-59 gram/hari bagi perempuan, sedangkan bagi laki-laki membutuhkan protein sebesar 62-66 gram/hari. 

Protein benar-benar berfungsi sangat vital bagi tubuh manusia. Sumber-sumber protein didapatkan dari protein hewani dan nabati. Protein hewani berarti protein yang bersumber dari hewan misalnya telur,daging,ikan, dan susu. Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan misalnya gandum dan beberapa golongan kacang-kacangan.

0 Response to "5 Fungsi Protein Bagi Tubuh "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel