Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan!! Begini Lho Caranya Bunda - Dzikri Khasnudin

Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan!! Begini Lho Caranya Bunda

Anak susah makan hampir dapat dipastikan membuat para orang tua bingung, marah, kesel namun bercampur kasihan. Menghadapi anak seperti itu terkadang membutuhkan trik-trik khusus, namun ada banyak pula yang membiarkannya, toh kalau lapar makan juga. 
cara mengatasi anak susah makan
Bukan seperti itu caranya bunda, pada kesempatan kali ini kita coba bahas apa sih yang jadi penyebab anak susah makan, bagaimana cara mengatasinya, apakah memang vitamin diperlukan untuk kondisi merangsang nafsu makan anak dan yang terakhir adalah strategi jitu dalam memilih resep makanan yang menjadi favorit anak-anak. Yuk kita mulai aja biar cepet tau solusi menghadapai anak susah makan, biar bunda dan anak happy ever after tanpa harus ngotot-ngototan yang satu pengen ngasi makan yang lain malah kabur nggak mau makan. 

Daftar Isi


Penyebab Anak Susah Makan

Anak susah makan adalah dilematika tersendiri para orag tua, dipaksa makan kok rasanya kasihan, tapi dibiarin juga kok nggak tega ya, takut anak kenapa-napa. Sebelum orang tua memberikan makan, sebaiknya cari tau dulu penyebab kenapa anak susah makan? 

Menurut pengalaman penulis dan research dari beberapa sumber, baik itu orang tua yang lebih berpengalaman, konsultasi sama dokter, nanya-nanya sama mommy-mommy lain di sekolah dan arisan, dan juga saat baca-baca internet, ternyata ditemukan berbagai pendapat yang menjadi penyebab anak susah makan.

1. Sakit

Ini adalah alasan utama yang patut diwaspadai kalau anak mulai mogok makan. Cari tahu apakah anak merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, atau mungkin bila anak tidak bisa mengutarakan rasa sakitnya, anda bisa mengamati prilakunya. 

Anak yang sakit biasanya menunjukkan gejala yang tidak biasa saat dia dalam kondisi fit.
Coba cek suhu tubuhnya, periksa bagian dalam mulutnya, atau barangkali ada yang dia rasakan sakit di daerah yang jauh dari mulut, misalnya tangan dan kaki atau mungkin kepalanya. Semua ini bisa menjadi salah satu penyebab anak susah makan.

2. Makanan tidak Sesuai Selera Anak

Kalau yang ini sih, bunda yang harus pandai-pandai dalam menyajikan masakan kepada anak. Biasanya seorang ibu malas untuk masak berbagai macam jenis masakan yang berbeda setiap harinya.

Misalnya, bunda lagi pengen makan sayur tumis kangkung yang untuk menambah selera jelas dong dipakein cabe. Namun tentu saja makanan seperti itu bakalan ditolak mentah-mentah oleh anak. 

Jadi, bijaksananya sih, ya mohon maaf bunda harus merelakan tenaga untuk masak dua buah jenis masakan yang satu disukai oleh bunda dan orang dewasa lainnya dan yang lain digemari oleh anak.

Kecuali bunda juga suka makanan ala-ala si imut yang nggak pake cabe, nggak pake pedes. 

Yang penting makanan itu mengandung kadar gizi dan kandungan nutrisi yang seimbang demi pertumbuhan dan perkembangan buah hati dan juga kesehatan bunda dan anggota keluarga yang lainnya.

3. Pola Makan yang Salah

Sebenarnya sih pola makan untuk anak-anak itu tidak ada yang 100% salah, hanya belum tepat. Banyak yang memberikan anak makanan selingan diantara makan wajibnya. Sehingga perut si anak tidak pernah benar-benar lapar dan ingin makan. 
Untuk mengatasinya, cobalah sedikit mengurangi jajanan dan snack yang biasa dimakan anak, biarkan anak merasakan adanya demand untuk makan makanan pokok. 

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Lantas sekarang bagaimana dong caranya mengatasi anak susah makan? Bagaimana kalau kelamaan mogoknya ntar malah sakit?

Berbagai macam tanya para orang tua menyeruak saat menghadapi dilema seperti ini. Ada banyak cara yang bunda bisa lakukan untuk mengatasi masalah anak susah makan, seperti contohnya dibawah ini.

1. Makanan yang diberikan Harus Mengundang Selera

Hemmm…susah nggak ya? Yang mengandung selera disini maksudnya bukan berarti bunda harus selalu menyajikan makanan berdaging setiap hari, wah…bisa jebol tuh kocek 😊. Apalagi kalau di rumah ada lebih dari 5 kepala dan orang dewasa semua. 

Berikan makanan yang sesuai selera si kecil. Kalau si kecil maunya lagi makan telur, cobalah untuk memasaknya dibarengin sama sayuran. Telurnya dapet, sayurannya juga dimakan. Begitupun halnya dengan makanan lain, kalau anak maunya makan yang itu-itu saja, coba untuk memodifikasinya dengan berbagai jenis makanan lain yang mengandung kadar gizi dari ekstrak lain.

2. Lingkungan yang Nyaman dan Bersih

Anak sama saja dengan orang dewasa, mana mau makan ditempat yang bising, berdebu dan berantakan. Sekali lagi, bunda harus ekstra kerja keras membersihkan rumah setiap hari agar tercipta suasana rumah yang nyaman dan bersih bagi anak.

3. Be a Good Role Model

Berikan contoh, jangan bisanya hanya nyuruh-nyuruh doang. Kalau bunda ingin anak makan, maka bundanya sendiri juga harus makan. Anak akan merasa senang bila saat makan ada yang menemaninya juga. Bukan hanya menyuapinya saja, tapi benar-benar ikutan makan.

4. Pastikan Mood Anak dalam Kondisi Bagus

Jangan pas anak lagi ngambek, eh bunda suruh makan, yang ada malah tambah ngambek nanti. Biarkan suasana hatinya tenang dulu, ajak ngobrol dulu, ajak main dulu atau apalah yang penting ngambek dan tangisnya lewat dulu ya bunda.

Vitamin untuk Anak Susah Makan 

Untuk lebih memaksimalkan lagi proses tumbuh kembang buah hati, bunda sah-sah saja memberikan suplemen atau vitamin untuk anak. Selain berguna untuk menyempurnakan kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh, vitamin juga berfungsi untuk menambah nafsu makan anak.

Di apotek-apotek banyak tersedia berbagai jenis dan merek vitamin, semuanya mempromosikan diri sebagai yang terbaik. Namun dari semua jenis vitamin, yang terpenting terdaftar dalam BPOM RI, ada sertifikat halal, dan kandungannya cocok untuk usia anak. 

Akan lebih bagus apabila bunda mau berkonsultasi dahulu dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi terbaik dan tepat buat usia dan kondisi anak susah makan.

Tips Memilih Resep Makanan Anak

Biasanya para orang tua tidak mau bersitegang urat leher kalau sudah menyangkut makanan kesukaan si anak. Kalau si anak keukeuh maunya makan itu, ya sudahlah orang tua mengalah saja.

Hal itu untuk sementara waktu boleh dilakukan, namun jangan menjadi sebuah kebiasaan. Ada beberapa tips bagaimana cara bunda memilih resep makanan untuk anak susah makan.

1. Sesekali Bunda Boleh Berkata Tidak

Kalau maunya sayuran, daging dan buah sih nggak masalah. Lha ini maunya ayam krispy mulu. Tiap hari nagihnya itu lagi itu lagi. Bunda jangan sampai kehabisan akal ya.
Bilang tidak dengan tegas akan membuat anak tahu bahwa memang dia tidak boleh mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja sepanjang tahun.

2. Say No to Junk Food

Untuk ini bunda memang harus lebih rajin bercokol di dapur ya, agar memastikan semua bahan dan bumbu makanan adalah bahan makanan sehat dan mengadung seluruh unsur gizi yang dibutuhkan.

3. Jangan Terbawa Arus 

Mengikuti trend masakan ala-ala modern sih boleh-boleh saja. Namun yang perlu diingat apakah resep yang bunda buat sudah sesuai dengan selera dan kebutuhan gizi anak? Harus lebih diperhatikan lagi karena terkadang apa yang cocok buat anak orang belum tentu cocok buat anak kita.

Nah itulah sekilah tentang cara ampuh mengatasi anak susah makan, kalau bunda punya solusi lain, boleh dong dishare ke kita-kita, silahkan share melalui kolom komentar. Senangnya berbagi.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan!! Begini Lho Caranya Bunda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel