Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD - Dzikri Khasnudin

Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD

Bagaimana rasanya ketika kamu tahu data dalam flashdisk tiba-tiba hilang? Padahal kamu sangat yakin tidak menghapusnya sama sekali. Dalam waktu yang sama, muncul folder baru yang tidak di inginkan. 

Kemungkinan besar itu ulah dari sebuah virus yang bernama Shortcut. 

Virus shortcut, berdasarkan beberapa referensi yang saya baca telah menyebar sejak tahun 2011 lalu. Virus shortcut mampu menggandakan dokumen (biasanya folder) yang ada di dalam direktori penyimpanan flashdisk/hardisk.

Folder yang digandakan tersebut bukanlah folder yang sama dengan aslinya, tetapi diubah menjadi shortcut dan membuat dokumen di dalamnya seolah-olah hilang padahal disembunyikan oleh virus tersebut. 

Jadi, jangan buru-buru panik jika kamu menemukan virus shortcut di dalam flashdiskVirus shortcut tidak berbahaya kok, hanya saja memang sedikit menjengkelkan. 

Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD

Nah...
Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang hilang oleh virus shortcut tersebut? 

Caranya sederhana, kamu tak memerlukan antivirus, cukup dengan menuliskan satu baris perintah pada Comand Prompt (CMD) yang ada pada komputer/laptop masing-masing.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Blogger Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya, silakan ikuti baik-baik.

  • Pertama, sambungkan dulu flashdisk yang terkena virus shortcut ke komputer/laptop.
  • Selanjutnya buka Command Prompt (CMD) dan jalankan sebagai administrator. Caranya bisa menggunakan fitur pencarian Windows lalu ketik saja "Command Prompt atau CMD" kemudian klik kanan Run As Administrator(Lihat gambar 1)

Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD
Gambar 1
  • Setelah CMD dibuka, pindahkan kursor ke drive dimana flashdisk berada, misalnya flashdisk saya ada di Drive (E:) atau Local Disk (E:), maka di CMD cukup ketik --> E:
  • Untuk lebih jelasnya, lihat Gambar 2 dibawah ini.
Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD
Gambar 2

  • Selanjutnya, tinggal tulis baris perintah untuk menampilkan lagi dokumen yang disembunyikan oleh virus shortcut. Ketik saja --> attrib -s -r -h /s /d (Lihat Gambar 3)
Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD
Gambar 3
  • Kemudian tekan Enter. 
  • Selesai, dokumen kamu kembali seperti semula.
Mudah sekali bukan. Oke, sedikit saya beri penjelasan dari beberapa referensi yang saya dapatkan.

Attrib merupakan singkatan dari attribute, yaitu salah satu dari sekian banyak external command atau perintah yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis DOS (Disk Operating System)

Attrib digunakan untuk menetukan atribut dari sebuah file, Untuk mengetahui perintah umum dari Attrib, bisa dengan menggetikkan "attrib /?" pada Command Prompt (CMD). Untuk menambah dan menghilangkan atribut dapat menggunakan simbol Plus (+) dan Minus (-). 

Dalam kasus virus shortcut ini, ada beberapa atribut yang kita gunakan pada perintah di CMD ini yaitu atribut S, R, H, dan D.

Artinya apa?

S adalah atribut untuk System
R adalah atribut untuk Read-Only
H adalah atribut untuk Hidden
/S untuk menyertakan file yang ada dalam sub folder
/D untuk menyertakan semua file dalam folder

Jadi, pada intinya attrib ini merupakan perintah untuk menampilkan dokumen yang disembunyikan pada suatu penyimpanan (flashdisk/hardisk) baik yang disebabkan oleh virus atau bukan.

Oke, berarti clear ya tutorial menghapus virus shortcut ini. Maaf jika penjelasannya kurang lengkap dan terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung.

Sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Baca juga:


0 Response to "Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flashdisk Melalui CMD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel